alexametrics

Siap Antisipasi Lonjakan Permintaan, Buwas Minta Masyarakat Tak Khawatir

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah menjamin pasokan pangan siap dan cukup untuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Perum Bulog memastikan mampu mengatasi lonjakan kebutuhan pangan yang tak terduga.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, saat ini seluruh jajaran Bulog telah diinstruksikan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pangan, baik menjelang Ramadhan maupun akibat kondisi tak terduga lainnya. Karena itu, Bulog meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait akan kecukupan kebutuhan pangan.

Mantan Kepala BNN yang akrab disapa Buwas itu mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab Bulog untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.



"Tidak ada masalah! Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut," ujar Buwas di Jakarta, Senin (2/3/2020).

(Baca Juga: Panic Buying, Mendag Minta Stok Bahan Pokok Ditingkatkan)

Buwas juga mengatakan dirinya sedang melakukan kunjungan marathon ke gudang-gudang beras di seluruh Indonesia, terutama tujuh daerah sentra produksi beras di Indonesia untuk memastikan ketersediaan pasokan beras betul-betul tersedia.

Bulog sendiri memastikan seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online maupun offline, juga outlet-outlet milik Perum Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan ritel modern yang ada.

"Jangan lupa Bulog sendiri sudah memiliki sistem penjualan secara online yaitu iPANGANANDOTCOM yang akan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pembelian kebutuhan pangan yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Hingga saat ini stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia mencapai 1,7 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton. Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top