Darurat Corona Diperpanjang, Kadin Pastikan Pasokan Makanan-Minuman Cukup

Rabu, 18 Maret 2020 - 08:55 WIB
Darurat Corona Diperpanjang, Kadin Pastikan Pasokan Makanan-Minuman Cukup
Darurat Corona Diperpanjang, Kadin Pastikan Pasokan Makanan-Minuman Cukup
A A A
JAKARTA - Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memastikan bahwa pasokan bahan baku serta makanan dan minuman (mamin) masih mencukupi hingga 2-3 bulan ke depan. Hal itu diungkapkan Kadin berkaitan dengan perpanjangan masa darurat bencana non-alam virus corona (Covid-19) dari 29 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.

"Bahan makanan aman, cukup, kita sudah dengar tadi dari para industri makanan akan cukup sampai Lebaran. Ini kan kita sudah siapkan untuk puasa juga," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Sayangnya, lanjut Rosan, hal yang sama tidak terjadi untuk industri farmasi nasional. Dia mengatakan, industri farmasi masih terkendala mendapatkan bahan baku karena harus bersaing dengan negara lain di tengah merebaknya pandemi virus corona.

"Tadi juga disampaikan farmasi kan masih berebutan bahan baku dengan negara lain. Ini mesti kita cari solusinya sehingga tidak ada kendala di bidang farmasi. Ini kita sudah instruksikan agar bahan farmasi bisa dijaga," tandasnya.

Dia menambahkan, saat ini perusahaan farmasi mengalami kendala dari sisi keuangan karena biaya pengobatan dari rumah sakit yang menggunakan BPJS Kesehatan belum dibayarkan. Adapun dana yang belum dibayarkan mencapai Rp6 triliun.

"Jadi di satu sisi mereka berebut dengan negara lain terkait bahan baku, di satu sisi cashflow mereka juga terbatas karena belum cairnya dana dari BPJS," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6631 seconds (0.1#10.140)