alexametrics

THR Wajib di Tengah Corona, Menperin Beri Opsi Cicil hingga Utang ke Bank

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada para pengusaha agar tetap memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Namun Ia menuturkan, dalam pemenuhan kewajiban tersebut para pengusaha bisa mengambil beberapa opsi seperti berutang kepada bank hingga mencicil pembayaran THR.

"Niat baik dari mereka untuk tetap membayar THR kepada karyawannya walaupun mereka harus berutang kepada bank. Tentu ini nanti bisa kita lakukan verifikasi, misalnya terhadap industri atau perusahaan-perusahaan yang cash flow-nya negatif," ujar Menperin Agus di Jakarta, Senin (6/4/2020).

(Baca Juga: Meski Physical Distancing, Airlangga Minta Pengusaha Wajib Bayar THR)



Lebih lanjut Ia menyampaikan, dalam berhutang kepada perbankan nantinya pengusaha diminta untuk dapat diringankan dalam pembayaran melalui bunga yang rendah dan tempo pembayaran yang lebih panjang. "Soft loan tentu dengan bunga yang sangat rendah dan juga term of payment-nya yang cukup panjang," ucapnya.

(Baca Juga: Menko Airlangga Bakal Perluas Stimulus di Dunia Usaha)

Selain itu, kata Agus, selain meminta bantuan perbankan, opsi lainnya untuk dapat memberikan THR yakni dengan cara dicicil. Dalam hal ini, pengusaha atau pelaku industri dapat bernegosiasi langsung dengan karyawan atau serikat pekerja. "Ya agar mereka bisa, sebut saja melakukan cicilan-cicilan pembayaran THR," tandasnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartaro mengingatkan sektor swasta bahwa sebagimana yang diatur di dalam undang-undang (UU) THR adalah kewajiban.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top