Mengatur Hunian Ramah Anak Buat si Kecil agar Tidak Bosan di Rumah

Rabu, 08 April 2020 - 12:05 WIB
Mengatur Hunian Ramah Anak Buat si Kecil agar Tidak Bosan di Rumah
Mengatur Hunian Ramah Anak Buat si Kecil agar Tidak Bosan di Rumah
A A A
JAKARTA - Jika Anda memiliki balita, maka buatlah rumah yang aman dan nyaman bagi sang anak. Keduanya harus dibuat seimbang agar tercipta rumah ramah anak yang mencakup faktor keselamatan dan estetika.

Dalam konteks itu, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah mendapatkan lahan datar untuk membangun rumah. Hal itu penting agar nantinya rumah tidak banyak undakan atau tangga yang bisa membahayakan anak.

Jika ternyata rumah lebih dari satu lantai sehingga membutuhkan tangga, maka yang harus diperhatikan adalah pegangan tangga harus kuat. Jadi, keberadaan pegangan itu tidak hanya mementingkan estetika tangga semata, tapi juga kekuatannya saat menjadi tumpuan.

Saat ini banyak rumah yang menggunakan model tangga dengan railing yang kecil karena memanfaatkan space tangga agar terlihat panjang. Tangga kekinian seperti itu sangat tidak disarankan untuk penghuni rumah yang memiliki anak balita.

“Tangga biasa saja tidak apa-apa, yang penting pegangannya kuat. Pokoknya tidak banyak lubang,” ujar Site Engineer & Architect PT Tiga Adi Rekabangun Ferdian Khalif Rahmadani.

Selain itu, pemilihan furnitur tidak boleh yang keras demi keselamatan balita. Misalnya, sofa semuanya harus empuk, bukan kursi kayu. Bahkan, bentuk meja pun bukan kotak, melainkan dapat dipilih yang bundar atau tidak lancip ujung mejanya.

Rumah yang aman bagi anak juga bisa dilengkapi dengan aksesori tambahan alat rumah tangga. Misalnya, stop kontak listrik yang tidak terbuka. Bahkan, kini juga tersedia penutup dan setelan on-off yang berada di dalam penutupnya.

“Pintar memilih aksesori menjadi kunci untuk membuat rumah aman bagi anak. Pelindung ujung meja juga dapat dibeli. Slot pintu pun berguna jika anak memainkan pegangan pintu, pintu tidak terbuka,” jelasnya.

Selain aksesori rumah, bahan bangunan tertentu dapat dipilih untuk melindungi anggota keluarga Anda, terutama anak dari ancaman bahan berbahaya. Sebut saja cat tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan anti jamur.

“Cat tersebut ramah anak, juga untuk keindahan rumah. Cat untuk dinding dapat mudah dihapus atau dibersihkan jika dicoret-coret anak. Sudah banyak produsen cat yang membuat terobosan seperti itu,” jelas Ferdian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1577 seconds (10.177#12.26)