1 Oktober KAI luncurkan KRL khusus wanita

Sabtu, 29 September 2012 - 15:09 WIB
1 Oktober KAI luncurkan KRL khusus wanita
1 Oktober KAI luncurkan KRL khusus wanita
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek pada Senin mendatang atau tepatnya 1 Oktober 2012, akan menyediakan rangkaian kereta rel listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek khusus bagi wanita, ibu dan balita. Kebijakan ini diterapkan terkait dengan kenaikan tarif tiket sebesar Rp2.000.

Manager Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa mengatakan, pengoperasian rangkaian KRL khusus wanita ini dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pengguna jasa KRL di wilayah Jabodetabek dan sebagai bentuk kepedulian kepada para penumpang wanita.

"Program Rangkaian Khusus Wanita (RKW) merupakan kelanjutan dari program Kereta Khusus Wanita (KKW) yang sudah terlebih dahulu diluncurkan pada 19 Agustus 2010 silam," kata Eva dalam keterangan rilis yang diterima Sindonews.com di Jakarta, Sabtu (29/9/2012).

Dia menjelaskan, jika dalam program KKW, satu rangkaian terdapat dua kereta khusus wanita, yaitu kereta paling depan dan kereta paling belakang. Maka untuk program RKW seluruh rangkaian yang berjumlah delapan gerbong dikhususkan bagi wanita, ibu dan balita.

"Banyaknya keinginan dari para penumpang untuk menambah jumlah KKW juga menjadi gagasan PT KCJ untuk meluncurkan Rangkaian Khusus Wanita," ungkapnya.

Rangkaian yang berjumlah delapan perjalanan ini akan dioperasikan pada lintas Bogor hingga Jakarta pulang pergi. Pemberlakuan penambahan rangkaian ini, kata dia, tidak mengubah jadwal perjalanan KRL yang sudah ada. Namun akan menambah jumlah perjalanan KRL yang sudah ada sebanyak 531 perjalanan menjadi 539 perjalanan.

"Perjalanan tambahan rangkaian khusus wanita ini tidak beroperasi pada hari Minggu dan hari libur," pungkasnya. (mai)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)