Harga rendah, penyelundupan BBM subsidi marak

Rabu, 23 Januari 2013 - 11:07 WIB
Harga rendah, penyelundupan BBM subsidi marak
Harga rendah, penyelundupan BBM subsidi marak
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Agus Martowardojo mengatakan, rendahnya harga BBM subsidi membuat penyelundupan menjadi marak. Karena itu, harga BBM subsidi perlu dinaikkan.

"Sesuatu yang disubsidi, kalau dibanding dengan harga pasar selisihnya cukup besar, tentu akan membuat motivasi orang untuk menyalahgunakan," tutur Agus usai konsultasi publik Redenominasi Bukan Sanering di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Sebelumnya, Kementerian ESDM belum berencana menaikkan harga BBM subsidi. "Kami bersama pemerintah belum ada rencana untuk menaikkan harga BBM subsidi," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, kemarin.

Awal tahun ini, Agus sudah memperingatkan Menteri ESDM, Jero Wacik agar benar-benar menjaga kuota BBM subsidi. Jika kuota BBM subsidi tahun ini jebol lagi, Agus memberikan sinyal akan mengambil langkah menaikkan harga BBM subsidi.

"Kalau pengelolaan BBM tidak bisa dikelola dengan baik, harus terjadi penyesuaian harga. Kalau semua upaya tidak bisa mengendalikan itu, ya kita sesuaikan," kata Agus belum lama ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5645 seconds (0.1#10.140)