OJK minta masyarakat waspadai success story

Kamis, 07 Maret 2013 - 16:37 WIB
OJK minta masyarakat waspadai success story
OJK minta masyarakat waspadai success story
A A A
Sindonews.com - Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bidang Pengawas Pasar Modal, Robinson Simbolon mengatakan, beberapa kejadian investasi bodong sering dianggap produk pasar modal, padahal sebenarnya tidak mendapat izin dari pihaknya.

"Kalau kita telusuri dia tidak mendapat izin dari OJK, Kemendag dan Kementerian Koperasi. Oleh karena itu konteks pengawasannya tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Tetapi walaupun dengan pengawasan, investasi ilegal ini tetap terjadi setiap tahun. Robinson sendiri mengaku tidak mengetahui jenis-jenis investasi ilegal yang berkembang di masyarakat, dan mengetahui hal-hal tersebut hanya melalui media. "Contohnya Koperasi Langit Biru tentu media mengetahui," tuturnya.

Robinson mengatakan, biasanya dikarenakan modus operandi perusahaan jenis ini, maka setiap tahun muncul korban-korban baru. Biasanya caranya dengan menuturkan success story dari beberapa orang dari model bisnis seperti ini.

"Orang-orang pertama di bisnis ini selalu mendapat keuntungan besar, karena mendapatkan bunga yang tinggi diperoleh dari nasabah berikutnya. Jadi success story itu menggiurkan, bukan cerita bohong itu," ujarnya.

Dan secara khusus Robinson meminta media terus meng-update dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya investasi jenis ini. Karena ketika ada orang pertama yang menceritakan cerita sukses tersebut, tidak akan ada (masyarakat) yang komplain sebelum mereka menjadi korban.

"Biasanya kasus-kasus seperti ini akan muncul ke permukaan ketika sudah muncul korban," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)