Tak hanya mahal, bawang putih mulai langka

Selasa, 12 Maret 2013 - 13:07 WIB
Tak hanya mahal, bawang...
Tak hanya mahal, bawang putih mulai langka
A A A
Sindonews.com - Komoditas bawang putih menjadi momok bagi masyarakat di sejumlah daerah Indonesia. Tidak hanya mahal, kini bawang putih mulai langka di pasaran.

Salah satunya terjadi di sejumlah pasar Kota Jombang, Jawa Timur (Jatim). Para pedagang mengaku kesulitan mendapatkan stok bawang putih untuk dijual. Akibatnya masyarakat kebingungan karena sulit mendapat bawang putih untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Selain itu, banyak pedagang di pasar tradisional di kota tersebut yang terpaksa menjual sayuran busuk karena kiriman dari pemasok sangat minim dan kualitasnya buruk, akibat musim hujan.

Hariyanto, salah satu pedagang di pasar Pon, Jombang mengatakan, kelangkaan bawang putih ini terjadi sejak sepekan lalu. Dia mengaku, biasanya mampu menyediakan stok bawang putih sebanyak 50 kilogram (kg) per hari.

"Tapi, saat ini pedagang kesulitan mendapatkan stok bawang putih. Sehingga saya hanya menyediakan lima kg. Itu pun dalam waktu singkat langsung ludes diborong pembeli," katanya, Selasa (12/3/2013).

Banyak masyarakat yang terlambat tidak kebagian dan kebingungan mencari bawang putih. Di sejumlah pasar tradisional di Jombang, harga bawang putih naik meroket hingga Rp75 ribu per kg.

Sementara, bawang putih kualitas rendah harganya mencapai Rp60 ribu per kg. Kondisi yang mahal dan langka ini dikeluhkan masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, harga bawang putih di daerah lain seperti di Malang, Jatim juga melonjak hingga menembus Rp Rp70 ribu per kg. Bahkan, untuk bawang putih yang sudah dikupas dihargai Rp80 ribu per kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Besar Malang, Suhema, naiknya harga bawang putih impor ini dikarenakan barang tidak bisa masuk dan masih ditahan di pelabuhan Surabaya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0673 seconds (0.1#10.140)