Harga bawang di Tana Toraja mulai meroket

Kamis, 14 Maret 2013 - 14:03 WIB
Harga bawang di Tana...
Harga bawang di Tana Toraja mulai meroket
A A A
Sindonews.com - Harga bawang putih dan bawang merah juga mulai merangkak naik di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Untuk harga bawang putih menembus Rp50 ribu per kilogram (kg) dan bawang merah mencapai Rp35 ribu per kg.

"Harga bawang putih dan bawang merah di tingkat pedagang pasar mulai naik dua pekan terakhir ini," ujar Hazia, seorang pedagang bawang di pasar Sentral Makale, Kamis, (14/3/2013).

Hazia mengatakan, harga bawang merah di tingkat pedagang sebelumnya Rp20 ribu per kg dan bawang putih dari Rp25 ribu per kg menjadi Rp50 ribu per kg. Kenaikan ini disebabkan harga jual bawang di tingkat petani naik.

Menurutnya, pedagang di pasar Sentral Makale membeli dari petani di Kabupetan Enrekang. Biasanya, dia membeli bawang merah ke petani Rp13 ribu per kg. Namun, dua dua minggu terakhir harga dari petani sebesar Rp26 irbu per kg.

"Kami terpaksa ikut menaikkan harga bawang merah dan bawang putih agar tidak merugi. Harga bawang yang kami beli di petani juga naik ditambah ongkos angkut bawang ke pasar," ujarnya.

Pedagang bawang lainnya di pasar Sentral Makale, Andre, juga mengakui kenaikan harga bawang di tingkat pedagang dipicu suplai bawang merah dan bawang putih dari petani mulai berkurang.

Menurutnya, sebagian besar daerah penghasil bawang mengalami banjir akibat musim hujan, sehingga petani bawang banyak gagal panen. Sedangkan Kabupaten Enrekang yang juga merupakan daerah penghasil bawang tidak mengalami gagal panen.

Akibatnya, pedagang bawang dari luar provinsi Sulawesi Selatan seperti Kalimantan dan Sumatera membeli bawang di Enrekang dalam jumlah besar. Kemungkinan, kesempatan itu dimanfaatkan para petani menaikkan harga bawang. Biasanya, harga bawang merah dan bawang putih kembali normal pada musim kemarau atau sekitar Mei-Juni.

"Persedian bawang di petani mulai berkurang karena diborong pengusaha bawang dari luar daerah. Sehingga memicu naiknya harga bawang," ujar Andre.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0662 seconds (0.1#10.140)