Bawang merah dan putih mulai langka di Sumbar

Senin, 18 Maret 2013 - 10:40 WIB
Bawang merah dan putih...
Bawang merah dan putih mulai langka di Sumbar
A A A
Sindonews.com - Bawang merah dan bawang putih mulai langka di sejumlah pasar tradisional di Pasar Sentral Pekkabata, Polewali, Sumatera Barat (Sumbar).

Kelangkaa ini diakibatkan harga bawang yang terus mengalami kenaikan. Pedagang yang menjual bawang di pasar tersebut hanya dua orang dengan harga yang sangat tinggi atau dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Berdasarkan pantaun di lapangan, Senin (18/3/2013), kelangkaan ini sudah terjadi hampir satu pekan terkahir ini. Para pedagang kecil terpaksa tidak menjual bawang karena tidak lagi memiliki modal. Harga bawang putih di pasar tersebut mencapai Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga bawang merah mencapai Rp30 ribu per kg.

Beberapa pedagang mengaku, kenaikan ini mengakibatkan penjualannya menurun. Selai itu, mereka juga sering tidak mendapatkan pasokan dari distribbutor karena berangnya terbatas.

Kini, para pedagang dan masyarakat hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah dapat segera mengatasi atau turun tangan untuk menstabilkan harga bahan pokok tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)