Bawang putih China banjiri pasar di Madiun

Senin, 18 Maret 2013 - 13:08 WIB
Bawang putih China banjiri pasar di Madiun
Bawang putih China banjiri pasar di Madiun
A A A
Sindonews.com - Bawang putih impor dari China, atau yang biasa disebut bang Sincho telah membanjiri pasar besar di kota Madiun, Jawa Timur (Jatim). Harga bawang tersebut jauh lebih murah dibanding harga bawang lokal.

Membanjirnya bawang putih dari China ini dapat dilihat di pasar tersebut sejak tiga hari terkahir. Menurut salah seorang pedagang, Budi, harga bawang putih China jenis Sincho hanya Rp45 ribu per kilogram (kg) dan jenis kating sebesar Rp55 ribu per kg. Sementara harga bawang putih lokal harganya mencapai Rp60 ribu per kg.

Harga bawang putih China ini diperkirakan masih akan turun seiring didistribusikannya bawang impor dari sejumlah kontainer yang sempat tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, beberapa waktu lalu.

Meski lebih murah, bawang dari China ini kualitasnya tidak kalah dengan bawang lokal. Sehingga bawang putih asal China ini diburu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Para pedagang mengaku, saat ini stok bawang putih China di Madiun dan sekitarnya mencukupi hingga dua pekan ke depan dengan harga yang dipastikan akan normal seperti sebelumnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6901 seconds (0.1#10.140)