PKPK berencana bangun pabrik pengolahan batu bara

Jum'at, 22 Maret 2013 - 20:49 WIB
PKPK berencana bangun pabrik pengolahan batu bara
PKPK berencana bangun pabrik pengolahan batu bara
A A A
Sindonews.com - PT Perdana Karya Perkasa Tbk (PKPK) tengah menjajaki rencana pembangunan pabrik pengolahan batu bara menjadi alkohol sintetis jenis etanol dengan nilai investasi mencapai 450 juta euro atau setara Rp5,6 triliun.

"Kita rencana mau bikin pengolahan batu bara. Jadi batu bara kita olah jadi alkohol sintetis untuk campuran BBM (Bahan Bakar Minyak). Nilainya 490 juta euro," terang Corporate Secretary PKPK, Herry Priambodo, di Sahid Jaya Hotel, Jumat (22/3/2013).

Langkah ini, lanjut dia, guna memberi nilai tambah terhadap produk batu bara yang diproduksi perseroan ditengah ketidakstabilan harga batu bara dunia.

“Jadi kita mencoba memberi nilai tambah ke batu bara. Jadi kita mencoba mengarahkan ke hilir, sementara harga batu bara sendiri masih rendah saat ini,” jelasnya.

Keseriusan perusahaan tersebut, diakui Herry, ditunjukkan dengan telah menjajaki sejumlah kerja sama dengan perusahaan asal Swiss, ProCone GmBh sebagai Engineering, Procurement, Construction (EPC) sebagai konsultan dalam proyek ini.

"Selain itu, perseroan juga berencana menggandeng Lanza-Tech sebagai mitra dalam bidang teknologi untuk proses pengolahan batu bara menjadi bahan dasar dalam pembuatan BBM," sambung dia.

Sementara, untuk pendanannya telah ada pihak yang menyatakan kesediaan untuk mendukung pembiayaan proyek tersebut. "Perolehan dananya yang sebesar 70 persen berasal dari pinjaman. Sudah ada bank yang mau mendanai, dari bank Jerman," tandasnya.

Proyek ini nantinya akan memiliki kapasitas produksi sebesar 250 ribu ton alkohol sintetis per bulan. Mengenai kebutuhan batu bara yang akan digunakan memiliki asumsi perbandingan setiap 1 juta ton batu bara dapat menghasilkan 1,3 miliar ton alkohol sintetis.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5654 seconds (0.1#10.140)