Dahlan maklumi Telkom kalah tender di Myammar

Jum'at, 12 April 2013 - 12:43 WIB
Dahlan maklumi Telkom...
Dahlan maklumi Telkom kalah tender di Myammar
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memaklumi kegagalan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dalam proses tender operator lisensi (shortlisted) seluler di Myanmar.

Kegagalan Telkom untuk jadi pemenang tender karena pemerintah Myanmar menetapkan syarat yang belum bisa dipenuhi oleh perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut, yakni harus memiliki pengalaman menjadi operator di negara lain selama dua tahun dengan jumlah pelanggan minimal satu juta.

"Kita (Telkom) kan baru punya pengalaman di Timor Leste beberapa bulan dengan jumlah pelanggan tidak sampai satu juta," ujar Dahlan usai rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/04/2013).

Menurut Dahlan, syarat yang ditetapkan oleh Myanmar adalah lazim dan juga sering diterapkan di Indonesia. Meski demikian, mantan Direktur Utama PLN ini, Telkom masih akan tetap melakukan ekspansi di Myanmar.

Itu karena operator telekomunikasi milik pemerintah tersebut masih akan melakukan tender proyek lain. "(Telkom) Tetap di Myanmar karena masih banyak proyek lain yang bisa diikuti, tidak harus jadi operator," ujar Dahlan.

Pihak Telkom sebelumnya menjelaskan, kegagalan tersebut karena ada perbedaan persepsi tentang salah satu persyaratan tender.

Operations Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo menjelaskan bahwa hasil dari pengumuman prakualifikasi tender lisensi seluler oleh pemerintah Myanmar, nama Telkom tidak masuk dalam peserta terder terpilih.

"Telkom telah memenuhi seluruh persyaratan yang diterapkan oleh komite tender. Namun, adanya perbedaan persepsi atas salah satu syarat membatasi partisipasi Telkom," kata Arif dalam keterangan tertulisnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8514 seconds (0.1#10.140)