Pemerintah segera buka keran impor bawang putih

Rabu, 17 April 2013 - 13:18 WIB
Pemerintah segera buka...
Pemerintah segera buka keran impor bawang putih
A A A
Sindonews.com - Minimnya produksi bawang nasional mendorong pemerintah kembali membuka keran impor, sehingga tidak terjadi kekurangan stok dan kenaikan harga.

"Akan ada keterbukaan untuk komoditas hortilultura seperti bawang putih," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa saat jumpa pers di kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (17/4/2013).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan menjelaskan bahwa impor bawang putih dilakukan karena produksi lokal masih belum memenuhi kebutuhan nasional.

"Yang pasti (impor) adalah bawang putih, karena hsil produksi kita hanya 5 persen memenuhi kebutuhan kita," ujar Gita.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi impor bawang putih. Di mana dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 60/2012, impor 13 produk hortikultura dibatasi, salah satunya bawang putih.

Sementara terkait dengan rencana penambahan impor daging sapi, Gita menyatakan, bahwa peningkatan itu akan dipilah berdasarkan jenis sapi.

"Daging masih akan dipilah. Yang tipe prime chart (kelas mahal) yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri, akan kita buka lebar impornya. Yang penting implementasinya. Jangan sampai daging mahal itu masuk ke pasar tradisional," ujar Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7788 seconds (0.1#10.140)