Telkom kembangkan sistem transaksi elektronik gerbang tol

Rabu, 29 Mei 2013 - 18:17 WIB
Telkom kembangkan sistem transaksi elektronik gerbang tol
Telkom kembangkan sistem transaksi elektronik gerbang tol
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan mengembangkan sistem pembayaran elektronik dengan menyediakan teknologi transaksi elektronik di gerbang tol. Saat ini, sistem transaksi elekronik tersebut dioperasikan oleh PT Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Jasa Marga.

Langkah ini dilakukan perseroan sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan program Less Cash Society dan solusi mengatasi kemacetan di gerbang tol.

“Dengan pengalaman Telkom mengelola transaksi keuangan secara elektronik di ratusan juta pelanggan Telkomsel dan Flexi, Telkom optimistsi dapat memberi kontribusi dalam menyediakan sistem switching pembayaran elektronik yang lebih terbuka agar dapat digunakan sebagai multi payment transaction,“ kata Direktur Enterprise & Wholesale, Muhammad Awaluddin dalam rilisnya kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Pada project e-Toll Pass, Jasa Marga dan Bank Mandiri menggandeng PT Len Industri untuk memproduksi On Board Unit (OBU) dalam negeri. OBU merupakan perangkat transmitter, dipasang di dalam kendaraan dan berfungsi memancarkan sinyal elektronik yang akan dibaca oleh receiver di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

Dalam kerja sama tersebut, PT Len Industri akan melaksanakan proses manufakturing dari OBU dan pendistribusiannya dilakukan oleh Bank Mandiri. Diperkirakan OBU mulai diproduksi pada Juli 2013.

Sementara Telkom melalui Unit Innovation Design Center (IDeC) secara aktif memberikan masukan berupa kajian-kajian teknologi kepada PT Len Industri dalam pengembangan produksi OBU. Dengan masukkan tersebut, Awaluddin berharap, bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap proses produksi OBU yang dilakukan PT Len Industri, sehingga harga perangkat OBU lebih terjangkau bagi semua lapisan masyarakat pengguna jalan tol.

“Selain itu, juga dapat berkontribusi positif untuk mewujudkan smart transportation di Indonesia,“ tandasnya.

Sementara itu, dia menjelaskan, Telkom sebagai Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services (TIMES) provider, saat ini juga sedang mendukung project system pembayaran elektronik di PT Kereta Api Indonesia dalam bentuk pemasangan e-Gatedane Ticketing dan platform-nya di stasiun-stasiun Kereta Commuter Jakarta (KCJ).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4028 seconds (0.1#10.140)