Hipmi: Mengembangkan pengusaha itu lebih penting

Jum'at, 07 Juni 2013 - 17:15 WIB
Hipmi: Mengembangkan pengusaha itu lebih penting
Hipmi: Mengembangkan pengusaha itu lebih penting
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indoensia (Hipmi), Raja Sapta Oktohari menjelaskan, menumbuhkembangkan pengusaha pemula jauh lebih penting daripada sekedar menambah jumlah pengusaha.

"Sebetulnya target kita 2 persen dari seluruh penduduk (syarat negara maju) atau 4,8 juta orang. Tapi bukan cuma itu karena yang penting juga menumbuhkembangkan pengusaha," ujarnya di hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Dia menjelaskan, banyak orang yang menggeluti dunia usaha ini dengan rentang waktu tertentu, kemudian menyerah dan banting setir ke bidang lain. Pihaknya ingin mengurangi hal tersebut.

"Sekarang trennya orang mulai jadi pengusaha cuma lima tahun goyah lagi. Ini jadi concern. Caranya kita eliminir sebanyak mungkin faktor yang bikin mereka takut dengan inkubasi dan fasilitas agar mereka tumbuh kembang tetap secara natural tapi terpola. Tidak bisa sendiri," katanya.

Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohati, mencontohkan bagaimana dia mengembangkan sebuah komunitas sepeda (bike to work) yang pada awalnya dianggap aneh oleh sebagian orang, sekarang sepeda sudah menjadi tren masyarakat.

"Saya dulu main sepeda, gabung dengan teman-teman saya bikin bike to work, semua orang bilang gila, tapi sekarang semua orang sepedaan. Jadi kita harus jadikan sebuah langkah awal itu sebagai movement besar," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, untuk menggerakkan potensi menjadi pengusaha, Hipmi telah membuat sebuah program untuk menjaring para pengusaha muda yang berpotensi mulai dari tingat kuliah.

"Kita sudah membuat Hipmi Goes To Campus (HGTC), ini sebenarnya program dari kepengurusan yang lama juga. Di sana kita bangun semacam kaderisasi menjadi pengusaha di 200 lebih kampus," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5574 seconds (0.1#10.140)