Wamen ESDM: Eksploitasi migas makin sulit

Senin, 24 Juni 2013 - 16:26 WIB
Wamen ESDM: Eksploitasi migas makin sulit
Wamen ESDM: Eksploitasi migas makin sulit
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo mengatakan bahwa kondisi sumur dan lapangan tua minyak dan gas (migas) di dalam negeri semakin menyulitkan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) melakukan eksploitasi.

Hal itu mengharuskan teknologi perlu ditingkatkan agar mampu mengolah sumber daya yang ada saat ini. "Sekarang cadangan terbukti di wilayah barat semakin minim. Harus didorong melakukan eksplorasi di wilayah timur Indonesia di laut dalam," kata dia saat memberikan sambutan diskusi dengan Tema 'Platform Industri Nasional' di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (24/6/2013)

Lebih lanjut Susilo mengatakan, saat ini pengeboran diproyeksikan mampu menghasilkan minyak sekitar 50 miliar barel. Adapun yang dihasilkan saat ini baru 4 miliar barel.

"Kita perlu kerja sama dengan pihak asing mencari solusi dalam merealisasikan hal tersebut. Tidak masalah selama kita memiliki kebijakan yang tepat dalam sistem bagi hasil," kata dia.

Sementara itu, dia menyebut, minimnya koordinasi antar kementerian menjadi salah satu hambatan utama kegiatan eksplorasi migas di Tanah Air. Misalnya, koordinasi soal perizinan, tumpang tindih lahan dan keamanan. Akibatnya masalah tersebut menghambat laju produksi migas nasional.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9175 seconds (0.1#10.140)