Pemberdayaan UMKM percepat pertumbuhan ekonomi RI

Rabu, 03 Juli 2013 - 10:23 WIB
Pemberdayaan UMKM percepat...
Pemberdayaan UMKM percepat pertumbuhan ekonomi RI
A A A
Sindonews.com - Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan mengatakan, peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Syarief saat membuka acara Konferensi Pemberdayaan UMKM Nasional 2013 bertemakan 'Pengembangan UMKM dalam Menciptakan Lapangan Kerja dan Menumbuhkan Wirausaha Kreatif' di Kemenko Perekonomian, Rabu (3/7/2013).

"Bisa dipastikan kontribusi UMKM sangat besar bagi penyerapan tenaga kerja, yakni sebesar 99 persen. Mudah-mudahan dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM, maka ekonomi kita akan semakin bertumbuh," ujarnya dalam kesempatan tersebut.

Ketua Panitia Konferensi Pemberdaya UMKM Nasional, Taslim Yunus mengatakan, pihaknya berusaha mencari terobosan untuk mengembangkan dan meningkatkan pemberdayaan UMKM.

"Kami coba menggali terobosan-terobosan untuk mendorong dan meningkatkan pemberdayaan UMKM ke depan, karena UMKM memberikan sumbangsih besar bagi ekonomi nasional," ujar dia.

Menurutnya, hingga saat ini UMKM masih menghadapi berbagai permasalahan klasik, yaitu terbatasnya penguasaan dan pemilikan aset produksi, terutama permodalan, rendahnya kemampuan SDM, konsentrasi pekerjaan sumber daya yang bergerak pada sektor pertanian, dan dari segi penguasaan teknologi dan informasi.

Seperti diketahui, acara ini digagas oleh Bidang Ekonomi Kerakyatan Ikatan Alumni ITB dan direncanakan berlangsung selama dua hari (3-4 Juli 2013).

"Kita mengadakan acara ini untuk memperoleh masukan dan solusi permasalahan tersebut," ujar Taslim.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)