BRI siap bantu sentra UMKM di Blok G Tanah Abang

Senin, 02 September 2013 - 18:17 WIB
BRI siap bantu sentra UMKM di Blok G Tanah Abang
BRI siap bantu sentra UMKM di Blok G Tanah Abang
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengembangkan Blok G Tanah Abang menjadi sentra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah. Untuk mendukung upaya itu, Jokowi menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero).

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary BRI, Muhamad Ali menyatakan, pihaknya selalu siap mendukung langka-langkah pemerintah, khususnya dalam upaya memberdayakan ekonomi masyarakat. Terlebih, perseroan akan menempatkan unit kerja terkecilnya yang menyasar pasar, yakni Teras BRI untuk mendukung perekonomian pedagang Blok G Tanah Abang dengan memfasilitasi mereka berbagai produk simpanan maupun pinjaman mikro.

“Teras BRI diharapkan dapat memfasilitasi berbagai keperluan para pedagang, khususnya dalam transaksi finansial,” ujar Ali.

Tercatat, saat ini di Area Pasar Tanah Abang, perseroan telah memiliki satu Teras BRI yang sudah online, yakni Teras BRI Pasar Tasik. Untuk mendukung operasional Pasar Tanah Abang khususnya Blok G, perusahaan berencana menambah dua Teras BRI.

“Segmen mikro memang menjadi magnet luar biasa bagi industri perbankan. Selain terbukti lebih tahan terhadap guncangan krisis yang melanda, seperti pada 1997 dan 2008, UMKM juga menjadi penyangga ekonomi rakyat,” terang Ali.

Jokowi sendiri berharap Tanah Abang menjadi sentra primer UMKM. “Kami ingin Tanah Abang jadi sentra primernya UMKM dari seluruh Indonesia,” ujar Gubernur DKI itu dalam siaran persnya, Senin (2/9/2013).

Jokowi mengungkapkan, UMKM yang berjualan di Blok G, antara lain pedagang pakaian muslim, handicraft, batik, garmen dan sebagainya. Melalui segala kemudahan yang diberikan Pemprov DKI, para PKL diharapkan tidak lagi turun ke bantaran atau badan jalan untuk berjualan. Para PKL juga akan dijadikan pedagang formal supaya statusnya sekelas dengan pedagang lama di Blok G.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4984 seconds (0.1#10.140)