Ganjar ingin buat BUMD khusus menanam kedelai

Kamis, 12 September 2013 - 15:21 WIB
Ganjar ingin buat BUMD khusus menanam kedelai
Ganjar ingin buat BUMD khusus menanam kedelai
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengutarakan ide untuk membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berfungsi khusus untuk menanam kedelai.

"Kalau konteks Jateng, ya sudah kita buat BUMD saja untuk lakukan semacam tanam rugi, tapi untuk kepentingan masyarakat," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Menurutnya, hal ini harus dilakukan karena mayoritas petani menganggap menanam kedelai sudah tidak menarik, tidak produktif, dan pada akhirnya mengandalkan impor.

"Karena itu harus ada insentif, kalau tidak maka daulat pangan kita berbahaya, kita akan selalu bergantung pada asing terutama ke AS," lanjut Ganjar.

Dia menuturkan, jika sistem tanam rugi yang dilakukan BUMD jauh lebih baik dilakukan ketimbang mengandalkan impor yang terang-terang membuat defisit melonjak.

"Memangnya kalau kita mau kaya gitu terus, impor terus-terusan sama Amerika (Serikat), engga lah. Ini politik," pungkas Ganjar.

Seperti diketahui, saat ini harga kedelai impor terus mengalami lonjakan cukup tinggi dan mengakibatkan para perajin tahu dan tempe terancam gulung tikar. Bahkan, menyebabkan harga tahu dan tempe di pasaran melambung.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6573 seconds (0.1#10.140)