Pefindo prediksi penerbitan obligasi Rp70 T

Senin, 16 Desember 2013 - 17:03 WIB
Pefindo prediksi penerbitan obligasi Rp70 T
Pefindo prediksi penerbitan obligasi Rp70 T
A A A
Sindonews.com – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) optimistis pasar obligasi 2014 tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Indikatornya terlihat dari cukup tingginya emiten yang telah menyatakan ketertarikannya menerbitkan emisi obligasi pada tahun depan, terutama dari sektor lembaga keuangan.

Direktur PT Pefindo Vonny Widjaja memperkirakan, total emisi obligasi yang diterbitkan pada tahun depan sekitar Rp60-70 triliun.

“Proyeksi itu relatif lebih tinggi dari perkiraan penerbitan obligasi tahun ini di kisaran Rp55-56 triliun,” kata dia kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (16/12/2013).

Dia menjelaskan, kemungkinan besar penerbitan obligasi akan banyak dilakukan sebelum dan sesudah pemilihan umum (pemilu). Perusahaan yang akan menerbitkan sebelum pemilu beranggapan langkah tersebut sebagai antisipasi tidak berjalan baiknya pemilu.

Sementara perusahaan yang menerbitkan setelah gelaran pemilu, dinilai lebih suka menunggu situasi dari hajatan politik lima tahunan tersebut.

Data Pefindo menunjukkan, emisi obligasi yang diterbitkan pada kuartal I/2014 mencapai Rp15 triliun. Emiten yang melakukan aksi korporasi ini berasal dari berbagai sektor usaha, diantaranya perbankan dan kontruksi.

Nilai emisi itu karena ada lima perusahaan yang menunda menerbitkan obligasi pada akhir tahun ini sebagai dampak dari naiknya suku bunga acuan (BI Rate).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7224 seconds (0.1#10.140)