iPaymu luncurkan mobile payment berbasis QRCode

Selasa, 17 Desember 2013 - 18:34 WIB
iPaymu luncurkan mobile payment berbasis QRCode
iPaymu luncurkan mobile payment berbasis QRCode
A A A
Sindonews.com - PT Inti Prima Mandiri Utama (iPaymu), perusahaan lokal yang bergerak dalam bidang pembayaran online meluncurkan Mobile Payment berbasis Quick Response Code (QRCode). Inovasi ini digelontor iPaymu dalam upaya memberikan kemudahan penggunanya saat bertransaksi online.

Selain itu, implementasi QRCode sebagai salah satu fitur andalan iPaymu dipercaya mampu meningkatkan percepatan dan kecepatan transaksi online dan penghubung mekanisme perdagangan offline dengan transaksi online.

Chief Technology Officer (CTO) iPaymu, Riyeke Ustadiyanto mengatakan, dengan hadirnya fitur mobile payment berbasis QRCode diharapkan menjadi sarana kelengkapan ekosistem digital iPaymu dalam mendorong pertumbuhan industri e-commerce Indonesia.

"Layanan ini menjadi media transaksi alternatif bagi EDC dan atau SOF milik perbankan," ungkap Riyeke dalam rilisnya, Selasa (17/12/2013).

Menurut dia, dengan diluncurkannnya layanan ini, maka semua orang yang sudah memiliki akun iPaymu bisa menikmati transaksi pembayaran, cek saldo dan perintah tarik tunai langsung dari ponsel dengan cepat, aman, dan nyaman.

Sebagai catatan, aplikasi iPaymu Mobile Transaction baru berjalan di ponsel berbasis Android. "Ke depannya kami akan mengembangkan aplikasi tersebut di ponsel berbasis operating system lainnya," kata Riyeke.

Mobile Payment iPaymu berbasis QRCode bisa diartikan sebagai alternatif mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dimiliki perbankan. Sebagaimana diketahui EDC adalah perangkat pembayaran transaksi kartu debit dan kartu kredit. Sayangnya layanan tersebut tidak bisa dinikmati semua orang.

Mereka yang bisa menikmati mesin EDC harus memiliki badan usaha berupa UD, CV maupun PT. Itupun mekanisme dan persyaratan untuk mendapatkan mesin EDC sangatlah ketat. Permasalahan tersebut menjadi pemikiran Riyeke, bagaimana caranya fasilitas dan layanan seperti EDC bisa dinikmati semua orang.

"Selama ini, pedagang kaki lima, UKM, tukang bakso, tukang sayur, mahasiswa jangan mimpi memiliki mesin EDC untuk memudahkan transaksi. Tapi dengan layanan mobile payment iPaymu berbasis QRCode, semua lapisan masyarakat bisa menikmati transaksi cashless, transaksi tanpa uang tunai," ungkap Riyeke.

Untuk merealisasikan kecepatan, kenyamanan dan keamanan layanan tersebut, iPaymu sudah mengintegrasikan sistem pembayarannya dengan jaringan perbankan nasional dan internasional serta mengembangkan sistem pembayaran yang menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi online melalui internet maupun mobile phone.

Sejauh ini, iPaymu telah menjalin kerja sama dengan 21 ribu lebih jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) Bersama, Link, Prima, dan Meps sehingga bisa melakukan transaksi online dengan 137 bank nasional. Layanan iPaymu juga terhubung dengan PT Pos Indonesia yang memiliki lebih dari 4.000 kantor cabang di seluruh Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6603 seconds (0.1#10.140)