Telkom kian intens garap sektor UMKM

Sabtu, 04 Januari 2014 - 08:11 WIB
Telkom kian intens garap sektor UMKM
Telkom kian intens garap sektor UMKM
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) terus mengembangkan beragam produk untuk menyasar konsumen dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

General Manager Media Telkom Indonesia AA Gede Mayun Wirayuda mengatakan, penetrasi pasar khususnya pada kelompok UMKM merupakan bagian dari implementasi program Indoensia Digital society (Indiso) khusunya INDIPRENEUR.

“Salah satu yang kita kembangkan adalah bos toko online. Program ini akan membantu UMKM dalam pengelolaan manajemen yang profesional misalnya pembukuan untuk transaksi, neraca debet kredit sampai pembayaran pajak,” ungkapnya kepada SINDO di Luna Café, Makassar, Jumat (3/1/2014).

Sementara itu, Manager Marketing Telkom region VII Sukwan Thayeb mengungkapkan, program bos toko online yang di-kick off pada Desember 2013 lalu, berhasil menjaring 5,400 UMKM di seluruh Indonesia.

Khusus di Makassar, kata dia, terjaring 153 UMKM, sementara di 2014 ditargetkan pertumbuhan keanggotaan UMKM sekitar 200 usaha atau tumbuh dua kali lipat.

“Dari program ini kami tidak menargetkan revenue tertentu. Tapi bentuk komitmen Telkom dalam mendigitalkan UMKM. Dari setiap transaksi, Telkom hanya mengenakan Rp100. Dan besaran maksimal tagihan yang dikenakan hanya Rp300 ribu berapapun besar transaksinya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, era digital sangat diperlukan UMKM. Dengan bos toko online akan terjadi transparansi yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Karena itu, dia berharap kedepan, program ini dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)