Subsidi tetap BBM akan diterapkan pasca Pemilu

Senin, 20 Januari 2014 - 11:19 WIB
Subsidi tetap BBM akan diterapkan pasca Pemilu
Subsidi tetap BBM akan diterapkan pasca Pemilu
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan subsidi tetap Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah direncanakan oleh pemerintah masih akan menunggu terpilihnya para anggota legislatif yang baru pasca pemilu.

Oleh sebab itu, lanjut dia, kebijakan ini tidak akan dilakukan sebelum pesta demokrasi terbesar di Indonesia diselenggarakan.

"Walaupun arahnya ke sana (subsidi tetap), tetapi mekanismenya harus melalui APBNP dan pasti ada waktunya nanti," jelas Bambang di Gedung Bank Niaga, Jakarta, Senin (20/1/2014).

Tetapi, dia merasa pemerintah tetap harus melakukan suatu kebijakan untuk mengurangi subsidi BBM yang masih tetap meningkat walaupun telah menaikkan harga BBM pada pertengahan tahun lalu.

"Tidak harus one shot tapi bisa yang lain agar rencana subsidi kita tetap sesuai sasaran," lanjut Bambang.

Seperti diketahui, melonjaknya subsidi BBM pemerintah ditengarai terjadi karena produksi minyak lokal yang terus merosot dan juga melemahnya kurs rupiah terhadap dolar. Bambang mengakui subsidi BBM pemerintah pada akhirnya melest dari Rp200 triliun menjadi Rp250 triliun.

"Itu enggak gampang tutupnya, harus dengan pembiayaan dan cost-nya tinggi. Kita harapkan mulai tahun ini harus punya kepastian, bisa dengan subsidi per liter," tandas Bambang.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8223 seconds (0.1#10.140)