Apindo: Banjir bikin konsumsi barang turun

Sabtu, 25 Januari 2014 - 17:12 WIB
Apindo: Banjir bikin konsumsi barang turun
Apindo: Banjir bikin konsumsi barang turun
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan bahwa banjir membuat pembelian barang produksi menurun.

Dia menjelaskan, banjir kali ini membuat kerugian di tingkat pengusaha mencapai Rp200 miliar per hari. Angka ini meningkat dibanding 2013, di mana kerugian yang harus ditanggung pengusaha ketika itu hanya mencapai Rp100 miliar.

"Kami mencatat Rp200 miliar karena banjir yang terjadi jauh lebih parah dibanding tahun lalu," ujar Sofjan ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (25/1/2014).

Dia mengatakan, kerugian menimpa seluruh bidang industri dan mayoritas terjadi karena pasokan bahan baku dan barang, sehingga produksi terhambat karena banjir yang memutus akses jalan.

"Terutama meningkat kerugiannya karena ongkos angkutan yang naik, terputusnya akses dan buruh kita juga tidak bisa pergi bekerja. Jadi didisribusi kenanya," tutur Sofjan.

Hal ini, menurut Sofjan akan membuat menurunnya pembelian produk-produk industri dan bukan justru membuat harga barang akan melonjak.

"Ini malah terbalik, harga-harga juga akan menurun karena masyarakat juga akan malas membeli barang-barang karena mereka terhalang banjir. Jadi, semua dari produksi, distribusi dan pembelian akan terganggu," tutur Sofjan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8345 seconds (0.1#10.140)