Mobile payment QRCode akan jadi tren di era digitallife

Senin, 27 Januari 2014 - 11:08 WIB
Mobile payment QRCode akan jadi tren di era digitallife
Mobile payment QRCode akan jadi tren di era digitallife
A A A
Sindonews.com - Tren e-commerce tahun ini akan terus meningkat sesuai karakteristik pengguna yang semakin matang dan teredukasi. Berdasarkan Index Custora High-Growth E-Commerce pada 2013 hampir 40 persen online shopping terjadi melalui perangkat mobile.

Tren ini diprediksi akan terus meningkat seiring maraknya perangkat smartphone dan tablet dengan harga relatif terjangkau dan koneksi internet yang kian cepat. Kini, semua kalangan dapat menjalankan bisnis dan melakukan transaksi hanya berbekal smartphone atau tablet.

Saat ini pengguna ponsel sudah setara dengan jumlah penduduk yang ada. Dari 250 juta pengguna ponsel, sekitar 60 juta adalah pengguna smartphone. Hal ini sangat mendukung pertumbuhan e-commerce-mobile payment.

Dari segi deman, potensi e-commerce-mobile payment di Indonesia sangat menjanjikan dengan populasi 250 juta, median usia 28,5 tahun, tingkat ekonomi menengah yang tumbuh pesat, dan populasi urban 51 persen dari total penduduk.

Salah satu kunci sukses bisnis e-commerce-mobile payment terletak pada kemudahan layanan pembayaran yang diberikan, karena akan membantu customer bertransaksi. Sehingga berdampak pada peningkatan penjualan dari sang pemilik usaha.

Untuk mempermudah transaksi sistem pembayaran online dibutuhkan dan biasanya disebut dengan payment gateway. Di Indonesia terdapat beberapa payment gateway, salah satunya adalah iPaymu yang baru saja merilis mobile payment berbasis Quick Response Code (QRCode).

Fasilitas yang diberikan iPaymu untuk pembayaran online oleh konsumen dari smartphone ini sangat mudah. Terutama yang harus diperhatikan adalah Anda memiliki akun iPaymu. "Selanjutnya download aplikasi Mobile Payment QRCode di ponsel Android Anda," kata Pikukuh Tutuko, CEO iPaymu dalam rilisnya, Senin (27/1/2014).

Untuk menggunakannya, langsung masuk ke menu aplikasi iPaymu Mobile Transaction, masukan username, password dan PIN Anda. Klik menu transaksi dan langsung hadapkan/sorotkan handphone Anda ke barcode yang dipasang oleh merchant, lalu tekan ikon QRCode di ponsel Anda.

Dalam sekejap, kata dia, transaksi pun selesai, cepat, mudah dan praktis. Tidak perlu bawa uang tunai ke manapun. "Mobile payment QRCode sebetulnya tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Di ponsel BlackBerry ketika kita mau meng-invite pin teman, selain dengan cara manual biasanya menggunakan barcode yang ada di ponsel tersebut," jelasnya.

Menurut dia, mekanisme kerja iPaymu Mobile Transaction tidak jauh berbeda dengan teknologi tersebut. Transaksi model ini diprediksi akan menjadi tren di era digitallife, karena semua kalangan dapat memanfaatkan smartphone dengan berbagai fungsinya

Hal tersebut juga turut ditegaskan oleh Agus Hamonangan, Ketua id Android Indonesia yang mengatakan, platform e-commerce seperti ini akan cepat menjadi bagian gaya hidup masyarakat urban. Apalagi aplikasinya bisa diunduh di ponsel Android.

"Mereka umumnya cepat teredukasi bagaimana memanfaatkan smartphone untuk mendukung berbagai aktivitasnya, termasuk melakukan payment. Tidak perlu bawa uang tunai, cukup semua transaksi dari ponsel," pungkas Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)