China duduki konsumen emas terbesar di dunia

Kamis, 20 Februari 2014 - 20:22 WIB
China duduki konsumen...
China duduki konsumen emas terbesar di dunia
A A A
Sindonews.com - China merebut posisi puncak sebagai konsumen emas terbesar di dunia, di tengah permintaan global secara keseluruhan melemah. Negeri Tirai Bambu itu menggeser India, yang secara tradisional sebagai konsumen emas terbesar di tahun-tahun sebelumnya.

Dewan Emas Dunia (World Gold Council/WGC) mencatat, secara global konsumen melakukan pembelian sebanyak 3.863,5 ton emas perhiasan, koin dan batangan pada 2013, naik 21 persen dari 2012.

Permintaan emas di China melonjak 32 persen, di mana konsumen membeli 1.120 ton logam mulia, menyalip India sebagai konsumen terbesar di dunia pada tahun sebelumnya.

Namun, pertumbuhan pembelian konsumen secara global turun 881 ton di exchange-traded funds. Hal tersebut karena faktor kunci bekurangnya permintaan emas secara keseluruhan sebesar 15 persen pada tahun lalu.

"Ini adalah tahun konsumen," kata Marcus Grubb, direktur utama strategi investasi WGC, seperti dilansir dari The Star, Kamis (20/2/2014).

"Permintaan terus bergeser dari Barat ke Timur, permintaan emas batangan, koin dan perhiasan merupakan fenomena global," tambahnya.

Banyak konsumen dan investor berbondong-bondong membeli emas sebagai safe-haven dalam beberapa tahun terakhir, di tengah krisis keuangan dan pasar saham. Namun, rebound di pasar keuangan tahun lalu menyebabkan penurunan tajam terhadap harga emas .
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4332 seconds (0.1#10.140)