Menperin berharap Inalum jadi lebih baik

Kamis, 06 Maret 2014 - 14:04 WIB
Menperin berharap Inalum jadi lebih baik
Menperin berharap Inalum jadi lebih baik
A A A
Sindonews.com - Menteri Perindustrian (Menperin), MS Hidayat berharap kinerja PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) jadi lebih baik dari sebelumnya saat masih dikuasai Jepang.

"Yang terpenting kinerjanya, agar jangan sampai setelah 30 tahun dipegang asing, ketika dipegang kita menurun. Itu yang harus kita jaga," katanya ketika ditemui saat Rapat Koordinasi Terbatas PT Inalum di Kementerian Perekonomian, Kamis (6/3/2014).

Menurutnya, business plan Inalum adalah meningkatkan produksi aluminium menjadi 400 ribu ton. Selain itu, perkirakan investasi baru akan mencapai USD700 juta. Namun, hal tersebut merupakan masa kinerja BUMN yang baru.

Hidayat menjelaskan, ketika indusri dalam negeri sudah terpenuhi, yang akan digalakkan selanjutnya adalah hilirisasi. Harapannya proses industri hilir di luar ada yang menggunakan produk aluminium dari Inalum.

"Yang penting status hukum BUMN nya ditetapkan dulu. Tapi esensi dari upaya pemerintah untuk membuat kinerja agar Inalum lebih baik ketimbang di pegang Jepang," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Inalum merupakan perusahaan joint venture antara Indonesia dengan Nippon Asahan Aluminium Co. Ltd milik Jepang. Kemudian dibeli Indonesia dan diagendakan menjadi perusahaan BUMN baru.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5660 seconds (0.1#10.140)