Ini Langkah Pemerintah Kendalikan Belanja Subsidi Energi

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 11:18 WIB
Ini Langkah Pemerintah Kendalikan Belanja Subsidi Energi
Ini Langkah Pemerintah Kendalikan Belanja Subsidi Energi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, untuk mengendalikan belanja subsidi energi, yaitu subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik, pemerintah telah mengupayakan dan menyempurnakan berbagai kebijakan, di antaranya melalui penyesuaian harga BBM bersubsidi dan peningkatan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi.

"Selain itu, juga melalui kebijakan pemanfaatan bahan bakar nabati dan pemakaian bahan bakar gas, peningkatan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi, dan penghapusan subsidi listrik untuk pelanggan pada berbagai kelompok tarif tertentu secara bertahap, sehingga lebih tepat sasaran," ujar Chatib dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/8/2014).

Sedangkan, untuk subsidi non energi, Chatib menjelaskan terdapat beberapa kebijakan yang dilakukan, antara lain pada subsidi pangan, yang akan dilakukan pengaturan kembali jumlah rumah tangga sasaran.

Untuk subsidi pupuk dengan penyempurnaan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), dan subsidi benih yang dialokasikan berdasarkan Daftar Usulan Pembeli Benih Bersubsidi (DUPBB).

Chatib mengatakan, dalam RAPBN 2015, pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar 5,6 persen, atau meningkat 0,1 persen dibanding kesepakatan di APBN-P 2014.

“Pertumbuhan 5,6 persen merupakan tingkat pertumbuhan yang paling realistis dan konservatif dengan memperhatikan berbagai faktor, baik eksternal maupun internal, serta dalam menjaga stabilitas ekonomi sebagai landasan yang solid bagi terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Menkeu.

Chatib mengingatkan pentingnya pemerintah menjaga laju pertumbuhan ekonomi pada batas-batas yang tidak menimbulkan tekanan yang mengancam stabilitas ekonomi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7552 seconds (0.1#10.140)