ULN Valas Bagi Korporasi Tetap Jadi Alternatif

Kamis, 13 November 2014 - 15:49 WIB
ULN Valas Bagi Korporasi...
ULN Valas Bagi Korporasi Tetap Jadi Alternatif
A A A
JAKARTA - Analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Hendro Utomo mengatakan, peminjaman atau utang luar negeri (ULN) dalam valuta asing (valas) tetap menjadi alternatif bagi korporasi.

"Prospek peminjaman valas akan tetap menjadi alternatif karena perusahaan berusaha me-minimize margin, mengurangi biaya sebesar-besarnya," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (13/11/2014).

Dia menjelaskan, beberapa penyebab utang luar negeri (ULN) valas masih digunakan karena bunganya lebih rendah dibanding utang dalam mata uang rupiah dan mitigasinya lebih mudah.

"Valas ini bunganya lebih rendah dari rupiah. Pembiayaan valas tetap menjadi satu alternatif. Perusahaan-perusahaan yang sama-sama maksimal dalam valas, dari sisi mitigasinya mudah karena mereka memakai mata uang asing, sehingga nilai tukar asing tidaklah pengaruh," tutur dia.

Kendati demikian, Hendro menyatakan dari sejumlah perusahaan yang telah diperingkat Pefindo, untuk perusahaan non-bank tidak memiliki utang luar negeri dalam valas.

"Dari beberapa perusahaan yang kami rating (perusahaan non-bank) tidak punya utang luar negeri valas," ungkapnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7954 seconds (0.1#10.140)