PMN Mandiri Ditolak, Rini Cari Sumber Pendanaan Lain

Jum'at, 13 Februari 2015 - 18:17 WIB
PMN Mandiri Ditolak, Rini Cari Sumber Pendanaan Lain
PMN Mandiri Ditolak, Rini Cari Sumber Pendanaan Lain
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku akan mengusahakan pemberian dana segar untuk PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dari sumber selain penyertaan modal negara (PMN). Hal ini setelah DPR menolak PMN untuk Bank Mandiri.

Menurutnya, PMN Bank Mandiri dibutuhkan untuk memperkuat struktur keuangan Bank BUMN tersebut. "Lalu Mandiri tidak dapat, bukan berarti mereka tidak bisa berkembang. Hanya saja tidak agresif seperti yang diharapkan. Maka kita akan cari fasilitas di tempat lain," katanya kepada wartawan di Gedung BUMN, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Rini mengungkapkan, bank-bank di ASEAN umumnya memiliki struktur keuangan kuat dengan pemodalan yang jauh dibanding Bank Mandiri. Sebab itu, pemberian dana segar ke Bank Mandiri akan mestimulasi kompetisi yang seimbang di ASEAN.

"Sekarang gini, kalau kami lihat bank bank ASEAN, capital structure-nya cukup kuat tapi perlu lebih lanjut agar bisa berkompetisi dengan bank bank ASEAN lainnya," imbuh dia.

‎Menurutnya, kinerja Bank Mandiri selama ini sudah cukup baik, jika dilihat dari kapasitas pinjaman dalam waktu dua tahun. Begitu pun jika melihat loan to deposit rasio (LDR).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9825 seconds (0.1#10.140)