Garuda Derita Kerugian Layani Rute ke Kota Kecil

Rabu, 15 April 2015 - 13:02 WIB
Garuda Derita Kerugian Layani Rute ke Kota Kecil
Garuda Derita Kerugian Layani Rute ke Kota Kecil
A A A
DENPASAR - Garuda Indonesia Bali mengaku masih belum meraih keuntungan alias merugi untuk rute penerbangan ke sejumlah kota kecil atau daerah terpencil.

Corporate Sales Manager PT Garuda Indonesia untuk Bali, I Ketut Rudyarta mengatakan bahwa selama dibukanya rute-rute ke ke kota kecil dan daerah terpencil, Garuda Indonesia belum mendapat untung.

Contohnya, rute dari Denpasar menuju Banyuwangi. Menurutnya, rute tersebut belum membawa keuntungan besar bagi maskapai penerbangan plat merah tersebut.

"Kalau dibilang untung, kita masih belum untung. Bahkan kami saat ini membutuhkan subsidi, tapi kami ini BUMN, ya harus bisa berdiri sendiri," katanya di Denpasar, Rabu (15/4/2015).

Kendati demikian, dia enggan menyebut berapa nominal kerugian yang diderita BUMN penerbangan tersebut dan subsidi yang dibutuhkan untuk melayani rute penerbangan sejumlah kota kecil dan daerah terpencil.

Karena itu, dia mengaku, Garuda Indonesia Bali masih melakukan evaluasi terhadap rute-rute ke sejumlah rute yang mengalami kerugian.

"Kalau jualan kan tidak mungkin langsung laku, kita masih promosi. Selain itu, kami saat ini masih mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan dalam rute menuju daerah kecil ini," ungkapnya.

Sementara itu, dia menjelaskan, alasan dibukanya rute ke daerah terpencil untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.

"Kami ingin menjembatani para wisatawan untuk berkunjung ke daerah lain, yang pariwisatanya belum terjamah," ungkapnya.

Seperti diketahui, Garuda Bali memiliki rute ke sejumlah daerah, seperti ke Banyuwangi, Labuan Bajo dan Ende.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7134 seconds (0.1#10.140)