Premium Akan Diganti BBM Jenis Baru Pertalite

Kamis, 16 April 2015 - 20:13 WIB
Premium Akan Diganti BBM Jenis Baru Pertalite
Premium Akan Diganti BBM Jenis Baru Pertalite
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (persero) akan mengganti bahan bakar minyak (BBM) RON 88 alias premium dengan jenis baru bernama pertalite. Hal ini diungkapkan Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi‎.

Dia mengatakan pihaknya telah dikabarkan BBM jenis baru yang dimaksud kemungkinan bernama Pertalite. "Sudah diberitahu (perubahan premium dengan BBM jenis baru). Itu terkait produk baru, namanya Pertalite," ujarnya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Dia menjelaskan, nantinya Pertalite akan memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax. Sehingga, ukuran RON untuk Pertalite diperkirakan antara RON 90 hingga RON 92 dengan harga lebih murah dari pertamax.

Menurutnya, Pertalite memiliki keunggulan lebih besar dibanding premium. Selain bensin tersebut lebih bersih, Pertalite juga dipastikan tidak membuat mesin kendaraan mudah rusak dan bunyi.

"Lebih bersih, lebih tinggi oktannya, lebih hemat. Enggak ngelitik ke mesin. Harganya di bawah pertamax di atas premium," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) bakal menghapus penjualan bensin premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kota-kota besar yang jarang dilalui angkutan umum. Rencana tersebut akan diberlakukan mulai Mei 2015.

(Baca: Pertamina Hapus BBM Premium di SPBU Kota-kota Besar)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6213 seconds (0.1#10.140)