Garuda Siap Konversi Transaksi USD ke Rupiah

Jum'at, 17 April 2015 - 15:17 WIB
Garuda Siap Konversi Transaksi USD ke Rupiah
Garuda Siap Konversi Transaksi USD ke Rupiah
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) siap mengonversi transaksi dalam mata uang dolar AS (USD) ke rupiah guna mendukung peraturan Bank Indonesia (BI).

Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo mengatakan, sebagai perusahaan publik yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perseroan senantiasa mendukung kebijakan pemerintah.

"Dengan pelaksanaan aturan ini, kami yakini dapat menjaga kestabilan nilai tukar rupiah serta akan memperkuat perekonomian Indonesia, sehingga secara langsung juga berdampak positif terhadap industri dan membaiknya daya beli masyarakat," kata Arif dalam rilisnya, Jumat (17/4/2015).

Sebagai catatan, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/3/PBI/2015 tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 31 Maret 2015.

"Sebagai maskapai flag carrier, perseroan berkomitmen senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dan BI, di mana Garuda segera mengimplementasikan aturan tersebut dan secara konsisten menggunakan mata uang rupiah untuk seluruh transaksi di dalam negeri," paparnya.

Selain telah melakukan dua kali transaksi lindung nilai (hedging) melalui mekanisme cross currency swap yang bertujuan mengurangi risiko terhadap gejolak mata uang rupiah, Garuda juga akan memberlakukan pencantuman harga tiket untuk rute-rute internasional yang ditransaksikan di Indonesia dalam mata uang rupiah.

Berkaitan dengan perubahan pencantuman harga tiket tersebut, Garuda juga telah menyampaikan permintaan kepada International Air Transport Association (IATA) untuk mendukung kebijakan tersebut.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6715 seconds (0.1#10.140)