Isu Perombakan Kabinet Tak Pengaruhi Iklim Investasi

Senin, 27 April 2015 - 14:58 WIB
Isu Perombakan Kabinet Tak Pengaruhi Iklim Investasi
Isu Perombakan Kabinet Tak Pengaruhi Iklim Investasi
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menegaskan, isu terkait adanya perombakan (reshuffle) dalam kabinet pimpinan Joko Widodo (Jokowi) tidak memengaruhi iklim investasi di Indonesia.

Menurutnya, tren minat investasi justru meningkat sejak Oktober hingga kuartal I/2015. Sama halnya dengan isu kisruh politik antara KPK dan Kepolisian RI yang tidak berpengaruh terhadap iklim investasi di Tanah Air.

"Pengaruh terbesar bagi investor itu pada saat Pilpres. ‎Pada saat itu, betul-betul boleh dikatakan selama Juni mereka wait and see. Jadi, di situ pengarunya kepada bulan Juli kuartal III/2014," tuturnya di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Dia menambahkan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga menyentuh Rp13.000/USD pun tidak berpengaruh besar terhadap iklim investasi di Indonesia. Bahkan, beberapa investor dari China, Korea dan Jepang justru melakukan ekspansi lebih besar di Indonesia.

"Mereka sebut begini, tidak ada pengarunya pada mereka karena investasi yang mereka lakukan khususnya untuk mendatangkan bahan baku dan modal dari negara mereka. Artinya, transaksi yang dipergunakan itu bukan dengan mata uang USD," ungkap Franky.

‎Artinya, dia menjelaskan, investasi yang masuk terpengaruh dengan situasi politik. Sementara lemahnya mata uang dan reshuffle relatif tidak terlalu esensial bagi investor.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7873 seconds (0.1#10.140)