10 Negara Ini Punya Rasio Utang Terbesar, No 1 Tak Terduga

Kamis, 01 Juni 2023 - 09:57 WIB
Hal ini sebagian besar disebabkan oleh lompatan pendapatan yang berasal dari produksi minyak. Akan tetapi utang masih sangat tinggi, dengan banyak rumah tangga berjuang dengan kemiskinan dan kerawanan pangan.

7. Singapura

Rasio Utang terhadap PDB: 160%

Tingkat utang Singapura mencapai USD560 miliar, dan rasio utang terhadap PDB sekitar 160%. Utang ini sebagian besar berkelanjutan secara fiskal, mengingat terdiri dari sekuritas pemerintah Singapura dan obligasi tabungan yang tidak digunakan untuk pengeluaran. Hasil pinjaman diinvestasikan, yang berarti negara memiliki aset yang kuat ketimbang utang.

6. Eritrea

Rasio Utang terhadap PDB: 164%

Kurangnya akses ke pasar internasional, ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun hingga sanksi ekonomi, semuanya menjadi alasan tingginya rasio utang terhadap PDB untuk Eritrea. Defisit anggaran yang dibiayai utang secara konsisten juga akan terus menjadi alasan tingginya rasio dalam jangka panjang.

Namun, kenaikan permintaan global untuk logam, jadi angin segar yang berarti pendapatan secara bertahap meningkat. Pada tahun 2021, utang luar negeri Eritrea mencapai USD744.742.728.

5. Yunani

Rasio Utang terhadap PDB: 171%

Yunani memiliki salah satu utang pemerintah tertinggi dalam persentase dari Produk Domestik Bruto. Rasio utang terhadap PDB negara mulai meroket saat krisis keuangan tahun 2008, memburuk lebih lanjut karena pelemahan ekonomi struktural dan kurangnya fleksibilitas dalam kebijakan moneter mereka.

Namun, beberapa tahun terakhir Yunani telah melihat keseimbangan primer membaik, dan utang terhadap PDB diproyeksikan turun menjadi 140% pada tahun 2024.

4. Libanon

Rasio Utang terhadap PDB: 172%
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More