Transformasi Bisnis Tidak Mudah, Simak Resep dari Bos Great Giant Foods

Minggu, 02 Juli 2023 - 13:46 WIB
Dia menegaskan, dalam membangun model bisnis, pengusaha tidak hanya menciptakan daya saing dan produk berkualitas, melainkan juga diferensiasi.

Tommy menyontohkan produk cold pressed juice ReJuve milik GGF dipastikan berbeda dan bisa menang dari para pesaing yang bermunculan karena buah nanas menjadi komponen bahan dasar yang utama, di mana GGF sendiri diketahui memiliki perkebunan nanas dan menjadi produsen serta eksportir terbesar nanas kalengan.



Kemudian, dia menyebutkan elemen kunci keempat dan kelima adalah operasional bisnis serta sumber daya manusia (SDM) dan budaya organisasi.

“Untuk elemen kunci keempat dan kelima ini kita bisa kelola bisnis kita berdasarkan poin kedua dan ketiga tadi. Sederhana tapi susah diterapkan,” ujarnya.

Selamatkan Perusahaan dengan Jurus Transformasi"Ketok Magic"

Sebelum menjabat pucuk pimpinan di GGF, Tommy diketahui memiliki jam terbang cukup lama sebagai VP termuda dari Unilever Asia Pasifik, Senior Vice President divisi Brand & Consumer Acquisition PT XL Axiata, CEO divisi Consumer Group and Distribution PT Sinarmas, dan CEO dari PT Sreeya.

Meski begitu, dia harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan semua jabatan tinggi tersebut. Saat masih muda, pria asal Surabaya ini selalu kesulitan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, dan juga pernah dikirim ke sekolah asrama supaya lebih disiplin.

Tommy pun menyadari pentingnya rajin belajar saat duduk di bangku kelas 2 SMA, dan akhirnya dia berhasil menjadi mahasiswa Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia.

Lantaran keterbatasan finansial, dia terpaksa membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan paruh waktu sebagai janitor, pelayan restoran, dan juru masak demi memenuhi kebutuhan di luar negeri.

Namun, usaha Tommy yang dimulai dari bawah justru mengajarkannya bahwa sifat rendah hati, gigih, dan mudah bergaul adalah modal penting di dunia kerja, bahkan saat sudah menjadi pemimpin.

Contohnya, saat didapuk untuk memimpin PT Sreeya, perusahaan pangan berbasis unggas, Tommy awalnya dihadapkan pada kondisi sulit.

"Waktu saya masuk itu perusahaan dalam kondisi tidak baik, rugi sekitar Rp330 miliar. Saya diberi tahu tiga bulan lagi perusahaan sudah tidak punya duit untuk bayar gaji," ungkapnya.

Bagi Tommy yang sebelumnya tidak punya pengalaman berbisnis produk ayam, situasi yang dihadapinya ini menjadi semacam uji nyali. Di sisi lain, dia harus putar otak dan cepat melakukan transformasi.

Jurus transformasi ala "ketok magic" itu membuahkan hasil. Di bawah kepemimpinan Tommy, PT Sreeya dikenal sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang sangat signifikan pada 2020 ketika hampir semua industri terdampak oleh pembatasan kegiatan saat pandemi.

Tommy menambahkan, perusahaan harus mengutamakan tiga hal yakni pegawai, operasional, dan arus kas. Namun, pemimpin mana pun sebaiknya menerapkan prinsip “people first”, atau mengutamakan kesejahteraan pekerja terlebih dahulu.

Saat masih menjabat sebagai CEO Sreeya, dia mengizinkan semua pegawai bekerja dari rumah agar terhindar dari infeksi Covid-19 dan selalu memastikan kondisi mereka tetap prima.

Prinsip itulah yang juga menjadi salah satu pondasi leadership Tommy di GGF. Selain rutin memotivasi para pegawai agar semangat bekerja, penerapan “people first” juga berlaku dalam strategi GGF menjangkau pelanggan.

Tommy juga memahami bahwa generasi muda menginginkan perusahaan yang terbuka mengenai praktik sustainability mereka dan menawarkan opsi transaksi digital, sehingga strategi beliau berupaya memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Hasilnya, GGF dapat meningkatkan produktivitas per hektare lahan sebanyak 50% dan berhasil meraih penghargaan “Best Managed Companies” dari Deloitte pada tahun 2021.

Keberhasilan Tommy membalikkan keadaan sebuah perusahaan yang nyaris terpuruk dan mengembangkannya hingga sukses, tentu bisa menjadi pembelajaran berharga bagi banyak orang, termasuk kalangan mahasiswa.



Melalui ajang CEO Speaks, Binus Business School ingin para mahasiswa jurusan bisnis dapat memetik ilmu dari kisah hidup para pemimpin bisnis seperti Tommy sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk berkarier kelak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More