Dampak Nyata Rusia Blokir Laut Hitam, Ekspor Biji-bijian Ukraina Anjlok 30%

Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:34 WIB
"Di banyak daerah, petani kemungkinan besar akan berpikir untuk mengurangi penaburan sereal musim dingin, karena harga yang ditawarkan pasar tidak menutupi biayanya," kata Lissitsa.



Sementara, operator kereta api Ukraina mengatakan bahwa waktu tunggu di perlintasan perbatasan menuju negara-negara Eropa saat ini sekitar 5-6 hari. Ketuanya Yevhen Lyashchenko, mengatakan kepada Bloomberg bahwa pihaknya sedang mempersiapkan peningkatan ekspor kereta api. Itu mungkin tidak cukup untuk mencegah perlambatan yang lebih luas.

Menurut Sleptsova dari Oxford Economics, biji-bijian dan biji minyak Ukraina bisa turun seperempat pada paruh kedua tahun ini dibandingkan dengan semester pertama. "Itu akan menjadi menekan produk domestik bruto (PDB) Ukraina hingga 3 persen pada paruh kedua tahun ini," katanya.

Perdagangan biji-bijian Rusia sendiri diuntungkan dari kelemahan Ukraina. Ekspor tanamannya tengah booming, dan diperkirakan mencapai hampir seperempat dari perdagangan gandum global pada musim 2023-2024.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More