Miliarder Rusia Berharta Rp99,7 Triliun Dibekuk Prancis, Ini Fakta-faktanya

Minggu, 05 November 2023 - 21:37 WIB
Miliarder Rusia, Alexei Kuzmichev telah ditahan di Prancis karena dicurigai melakukan penipuan pajak, pencucian uang dan melanggar sanksi Barat. Foto/Dok
PARIS - Miliarder Rusia , Alexei Kuzmichev telah ditahan di Prancis karena dicurigai melakukan penipuan pajak, pencucian uang dan melanggar sanksi Barat . Hal ini seperti dilansir Forbes, setelah pihak berwenang Prancis membekukan dua kapal pesiar milik oligarki tersebut pada tahun lalu sebagai bagian dari sanksi atas hubungannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ada beberapa fakta menarik terkait penangkapan miliarder Rusia, Alexei Kuzmichev

1. Kantor Kejaksaan Keuangan Prancis (PNF) pada hari Selasa mengatakan, Kuzmichev ditahan Senin pagi untuk diinterogasi atas dugaan penggelapan pajak, pencucian uang dan melanggar sanksi internasional, seperti dilaporkan oleh Reuters dan Politico.



2. Miliarder, yang dianggap Uni Eropa sebagai salah satu orang paling berpengaruh di Rusia, lantaran "hubungan dekatnya" dengan Putin. Meski begitu, Alexei Kuzmichev belum didakwa tetapi tetap ditahan pada hari Selasa.

3. PNF mengatakan, berbagai tempat yang terkait dengan Kuzmichev telah digeledah sebagai bagian dari operasi, termasuk rumah oligarki di Paris, dikutip dari Le Monde.



4. Sebuah sumber anonim mengatakan kepada AFP, bahwa Kuzmichev ditangkap di resor Riviera Saint-Tropez dan vilanya di sana juga digeledah, menurut Le Monde.

5. Pernyataan dari PNF mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa Kuzmichev telah ditahan pada hari Senin.

6. Pengacara Kuzmichev menolak berkomentar kepada Reuters, dan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia akan memberikan bantuan melalui saluran diplomatik begitu Paris memberikan informasi lebih lanjut tentang kasus ini.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More