Mengenal Korean Link, Bisnis Potensial KB Bank yang Sukses Gaet Perusahaan Besar Korsel

Kamis, 06 Juni 2024 - 14:45 WIB
KB Bank terus melebarkan sayapnya dan melakukan pengembangan bisnis yang sangat potensial, salah satunya melalui Korean Link.
JAKARTA - KB Bank terus melebarkan sayapnya dan melakukan pengembangan bisnis yang sangat potensial, salah satunya melalui Korean Link. Produk bisnis KB Bank ini dinilai moncer seiring bertumbuhnya bisnis perusahaan besar asal Korea Selatan (Korsel) yang memiliki kantor representatif di Indonesia. Namun, apa sebenarnya Korean Link?

Apa Itu Korean Link?

Korean Link Business atau “Korean Link” merupakan salah satu departemen yang merupakan bagian dari Direktorat SME and Wholesale KB Bank. Korean Link menawarkan produk pendanaan (funding) maupun pinjaman (lending) dengan nominal besar bagi nasabah korporasi. Minimal dana kelolaan funding berkisar sebesar Rp25 miliar, sedangkan lending dengan target pengajuan minimal Rp20 miliar.



Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, selain memberikan kredit dalam bentuk bilateral, salah satu klasifikasi terbesar dari portofolio lending Korean Link adalah kredit sindikasi.

“Departemen ini sudah berdiri sejak November 2020, dengan tujuan awal agar dapat membuka potensi kerja sama baru dengan perusahaan besar asal Korea Selatan yang memiliki kantor representatif di Indonesia, serta perusahaan yang memiliki kepemilikan dari perusahaan Korea atau terafiliasi dengan perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut dan juga perusahaan swasta nasional,” tuturnya.

Beberapa perusahaan yang sukses digaet KB Bank melalui ekosistem Korean Link Business antara lain, yaitu KTNG Group, Hyundai Group, Lotte Group, Hanwha Group, GS Group, LXI Group, Wampu Electric Power, Hwaseung Group, CJ Group. Beberapa nasabah/debitur tersebut sudah menggunakan produk dari KB Bank, baik dari sisi lending maupun funding.

“Banyak perusahaan Korea yang sudah memulai mendirikan pabrik-pabrik untuk kegiatan produksi usaha bisnis mereka, ataupun ada yang berupaya menaikkan kapasitas jumlah produksinya. Tentunya, perusahaan-perusahaan ini juga membutuhkan dukungan pembiayaan dari bank, di situlah Korean Link turut serta aktif dalam memberikan pembiayaan,” katanya.

Potensi Segar bagi Bisnis KB Bank

Korean Link dinilai memiliki potensi yang sangat besar. Selama empat tahun Korean Link berdiri, jelas Robby, KB Bank telah berhasil mencatatkan portofolio lending sebesar Rp4,8 triliun (29 debitur), serta funding sebesar Rp4,1 triliun (104 nasabah) per Mei 2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More