Pusat Keunggulan Daikin Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:32 WIB
“Keberadaan Pusat Keunggulan ini menjadi kesinambungan kelanjutan langkah kami dari berbagai kolaborasi ini,” ujar Budi Mulia lagi.

Di antaranya, memantapkan berbagai hal yang sebelumnya telah berjalan baik, sekaligus mengembangkannya menjadi pusat pelatihan dan penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi di masa depan.

Lebih dari itu dikatakannya, DAIKIN berharap, keberadaan Pusat Keunggulan ini dapat memberikan manfaat lebih luas yang menjangkau berbagai pihak di luar SMKN 1 Cimahi. Hal yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan sebagai pusat pelatihan maupun pengujian bersama bagi sekolah mitra maupun asosiasi yang terkait dengan refrigerasi dan tata udara di sekitaran Cimahi.

“Semakin tingginya kompetensi calon tenaga ahli, khususnya bidang refrigerasi dan tata udara, memberi peluang semakin besar bagi industri untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul. Hal yang menjadi salah satu kunci utama kemajuan perusahaan,” ujar Budi Mulia lagi.

Bagi DAIKIN sendiri, kata Budi Mulia pula, tenaga ahli dengan kompetensi memadai ini akan sangat dibutuhkan untuk mendukung operasionalnya. Duduk sebagai pemimpin pada industri solusi tata udara di Indonesia, hingga saat ini, DAIKIN tercatat memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar menyentuh berbagai wilayah di Indonesia.

Seiring dengannya, DAIKIN memiliki sekitar 1,400 mitra bisnis yang mendukung dalam distribusi produk dan layanannya. Terlebih lagi, Budi Mulia menyatakan, tahun depan bakal menjadi fase baru bagi DAIKIN di Indonesia. Hal ini terkait dengan rencana besar DAIKIN untuk memulai produksi AC di dalam negeri melalui fasilitas produksi yang tengah dibangun di kawasan Cikarang.

“Hal ini setidaknya dapat menjadi gambaran sedemikian besarnya kebutuhan sumber daya manusia dengan kompetensi memadai di bidang refrigerasi dan tata udara,” ujarnya pula.

Menyambut resminya pembukaan Pusat Keunggulan DAIKIN ini, Agus Priyatmono Nugroho selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi pun mengungkap harapan yang sama. Lebih dari itu, ia pun berharap, sinergi yang terus berkembang dengan DAIKIN ini dapat berlanjut di masa mendatang.

“Kami sangat menyambut baik sinergi dengan industri yang berbuah berdirinya Pusat Keunggulan ini. Sekaligus berharap, sinergi ini akan terus berkembang di masa mendatang,” ujar Agus Priyatmono Nugroho.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More