Jika Perang Dagang Pecah, China: Tanggung Jawab UE Sepenuhnya

Senin, 24 Juni 2024 - 14:41 WIB
Para pengamat mengatakan hasil terbaik yang diinginkan China adalah Komisi Eropa, membatalkan keputusan tarifnya sebelum tanggal 4 Juli dan mematuhi peraturan WTO. Mereka juga mendesak UE untuk mengatasi perselisihan berdasarkan fakta dan kerja sama ekonomi dan perdagangan China-UE daripada terganggu oleh faktor politik, terutama tekanan AS.

Skala kerja sama ekonomi dan perdagangan China-UE disebut sangat besar dan kedua belah pihak saling bergantung dan saling melengkapi dalam bidang ekonomi yang kuat. Mereka menilai, tindakan proteksionis UE yang semakin meningkat pasti akan memicu tindakan balasan dari pihak China, dan peningkatan gesekan perdagangan hanya akan menyebabkan kerugian bagi kedua belah pihak.

"Hubungan China-UE secara keseluruhan akan semakin terkikis jika Komisi Eropa terus menerapkan tarif terhadap produk-produk China danmengabaikan upaya China untuk terlibat dalam konsultasi persahabatan," kata Sun Yanhong, peneliti senior di Institute of European Studies of the Chinese Academy of Social Sciences.

Sun menambahkan, konsultasi mendatang mengenai penyelidikan anti-subsidi terhadap kendaraan listrik China kemungkinan akan sangat sulit, karena beberapa politisi di Eropa telah mempolitisasi dan mempersenjatai masalah ekonomi dan perdagangan. "Tuduhan UE mengenai 'kelebihan kapasitas' di sektor kendaraan listrik China tidak berdasar. Proses investigasi dipenuhi dengan praktik-praktik yang tidak adil dan tidak jelas, dan keputusan yang diambil juga tidak adil," kata dia.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More