Indonesia Darurat Literasi Digital, Pengaruhi Pengembangan UMKM

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:31 WIB
Sayangnya, pemahaman masyarakat terhadap perkembangan teknologi tidak didasari berdasarkan 4 pilar literasi digital sesuai yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Menurut Viera, pemahaman masyarakat terhadap dunia digital saat ini mayoritas hanya ada di tahap dasar. Padahal, berdasarkan 4 pilar literasi digital Kominfo, masyarakat seharusnya tidak hanya sekedar paham teknologi, namun juga harus menerapkan budaya, keamanan, dan kode etik dalam media digital, agar teknologi itu justru tidak menjadi bumerang untuk mereka.

"Sebenarnya kalau kita ngomongin literasi digital, menurut Kominfo sendiri literasi digital itu kan mencakup 4 pilar ya. Ada Cakap Bermedia Digital, Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital dan Etis Bermedia Digital," paparnya.

"Yang sekarang ada, itu misalnya dia memiliki digital skill, yaitu dia dapat menggunakan media sosial pada contohnya ya. Namun seperti digital savety, lalu misalnya etiknya, itu kita belum memenuhi," tutupnya.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More