5 Negara yang Sudah Menerapkan Dedolarisasi, Ada Indonesia?

Jum'at, 05 Juli 2024 - 13:32 WIB
Brasil juga terus menyerukan pengurangan ketergantungan pada dolar AS untuk perdagangan global.

3. Rusia

Yuan Cina telah menggantikan dolar AS sebagai mata uang yang paling banyak diperdagangkan di Rusia setelah serangkaian sanksi Barat terhadap Moskow. Yuan telah melampaui dolar dalam volume perdagangan sejak Februari 2023. Sebelum invasi, volume perdagangan yuan di Rusia sangat kecil.

4. India

India mulai menjalin kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan dan investasi. Kerja sama telah dilakukan dengan Malaysia dan akan segera dilakukan dengan Indonesia.

5. Indonesia

Indonesia telah menerapkan kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan investasi dengan sejumlah negara, seperti Jepang, Cina, dan Thailand. Indonesia bahkan sudah meningkatkan kerjasama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi pembayaran ritel antarnegara dengan Thailand.

Selain dengan keempat negara tersebut, Bank Indonesia juga tengah mendorong kerja sama pembayaran lintas negara di antara negara-negara ASEAN dan memperluas kerja sama penggunaan mata uang lokal dengan negara lain seperti Korea Selatan, India, dan Arab Saudi.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More