Pengaruh Putin, Tetangga Indonesia Ingin Merdeka dari Dolar AS

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:00 WIB
Perlindungan Ketidakpastian Global

Mempertimbangkan serangkaian sanksi terbaru yang diberlakukan AS, dan menggabungkan ide ini dengan ketidakpastian peristiwa global, keputusan ASEAN tidak hanya wajar tetapi juga diperlukan. Mengeksplorasi sistem pembayaran alternatif akan menyelesaikan masalah ini sepenuhnya.

Baca Juga: Yellen Sepakat, Sanksi Barat Bisa Meruntuhkan Dolar AS

Selain itu, transaksi mata uang lokal akan menawarkan penyangga terhadap langkah-langkah serupa, yang dapat meningkatkan perekonomian negara-negara anggota. Dedolarisasi ASEAN sedang berkembang. Pergeseran ini berpotensi melemahkan kekuatan dolar tetapi sejauh mana dampaknya masih harus dilihat.

Namun, pergeseran mata uang Asia Tenggara menghadapi beberapa kendala salah satunya sebagai persyaratan biaya infrastruktur. Terlepas dari itu, keberhasilan dedolarisasi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi negara-negara anggota dengan meningkatkan integrasi sistem keuangan regional.

Selain itu, dapat memberikan lebih banyak ketahanan terhadap faktor ekonomi luar seperti sanksi AS. Ketika Vietnam dan Indonesia mengeksplorasi alternatif-alternatif selain bergantung pada dolar AS, dinamika ASEAN akan berubah.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More