Sempat Menyesal Gabung Belt and Road Initiative, Italia Kini Ajak China Rujuk

Senin, 29 Juli 2024 - 19:20 WIB
Li yang berbicara kepada para pemimpin bisnis Italia dan China setelah menggelar pertemuan dengan Meloni, mengatakan bahwa China ingin meningkatkan ekonominya lewat lonjakan permintaan untuk produk berkualitas tinggi, serta memperluas peluang kerja sama antara perusahaan dari kedua negara.

PM China, Li Qiang juga berjanji bakal membuka pasar China lebih lebar, untuk memastikan perusahaan asing mendapatkan perlakuan yang sama dengan perusahaan China. Ditambah menciptakan lingkungan bisnis yang transparan dan dapat diprediksi, yang kerap dikeluhkan oleh para pelaku bisnis.

"Pada saat yang sama, kami berharap Italia akan bekerja dengan China untuk menyediakan lingkungan bisnis yang lebih adil dan non-diskriminatif bagi perusahaan China yang melakukan bisnis di Italia," katanya.

Sementara itu Meloni mengutarakan kepada para pemimpin bisnis bahwa kedua belah pihak telah menandatangani memorandum kolaborasi industri yang mencakup kendaraan listrik dan energi terbarukan, yang dia gambarkan sebagai "sektor di mana China telah beroperasi di perbatasan teknologi selama beberapa waktu ... dan berbagi batas-batas pengetahuan baru dengan mitra."

Pada saat yang sama kendaraan listrik juga menjadi pemicu memanasnya hubungan dagang China-UE, dimana Uni Eropa memberlakukan tarif sementara hingga 37,6% pada mobil listrik buatan China pada awal Juli. Kedua belah pihak saat ini masih melakukan pembicaraan untuk mencoba menyelesaikan masalah ini pada tenggat waktu awal November.

Sementara itu China membalas dengan meluncurkan penyelidikan anti-dumping terhadap ekspor daging babi Eropa, hanya beberapa hari setelah UE mengumumkan akan mengenakan tarif pada EV China.

Meloni yang tiba di Beijing pada hari Sabtu, melakukan perjalanan pertamanya ke China sebagai perdana menteri. Sebelumnya Ia sempat melakukan pembicaraan dengan Li yang bertemu di New Delhi September lalu saat KTT tahunan G-20, yang menyatukan para pemimpin dari 20 negara besar.

Keputusan Italia untuk bergabung dengan Belt and Road Initiative pada 2019 tampaknya menjadi kudeta politik bagi China, memberikannya terobosan ke Eropa Barat dan dorongan simbolis dalam perang dagang yang saat itu berkecamuk dengan Amerika Serikat.

Akan tetapi Italia mengatakan manfaat ekonomi yang dijanjikan tidak terwujud, dan keanggotaannya menciptakan gesekan dengan pemerintah Eropa Barat lainnya dan Amerika Serikat.

Tahun lalu, defisit perdagangan Italia dengan China tumbuh menjadi lebih dari USD43 miliar atau setara Rp734,5 triliun (Kurs Rp16.323 per USD).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More