Gas Rusia Tak Tergantikan, Uni Eropa Mau Tak Mau Dipaksa Hemat Jelang Musim Dingin

Senin, 19 Agustus 2024 - 15:09 WIB
Sementara itu kepala energi Uni Eropa, Kadri Simson mengindikasikan bahwa eksekutif Uni Eropa "tidak tertarik" untuk menghidupkan kembali perjanjian tersebut.

Seperti dikutip dari Oilprice, gas Ukraina hanya mencapai 5% dari total impor gas Uni Eropa dari Rusia. Namun Analis senior dari perusahaan analis pasar ICIS, Aura Sabadus memperingatkan, bahwa ustria, Hongaria dan Slovakia kemungkinan akan menjadi bagian yang paling terpukul ketika impor gas Rusia dihentikan.

StanChart mengatakan, ada kapasitas yang cukup di tempat lain untuk menggantikan aliran gas melalui Ukraina. Analis komoditas telah menunjukkan bahwa aliran LNG non-Rusia ke UE menyusut 140 mcm/hari sejak April, namun jika mampu dipulihkan diyakini bisa untuk menggantikan LNG Rusia.

Selain itu analis menilai, memangkas energi Rusia dari Uni Eropa, lebih merupakan kepentingan politik, sesuatu yang tampaknya tidak dimiliki oleh beberapa negara Eropa.Bruegel, sebuah thinktank ekonomi yang berbasis di Belgia menyoroti secara mendalam bagaimana nasib Uni Eropa jika aliran gas Rusia ke Eropa terganggu.

Kesimpulan utamanya adalah bahwa Uni Eropa tidak hanya dapat melewati musim dingin berikutnya tanpa gas Rusia, tetapi juga dapat melakukannya tanpa harus mengalami bencana ekonomi. Tapi dengan beberapa catatan yang harus dilakukan.

Agar hal ini terjadi, Eropa harus mengatasi tantangan teknis dan regulasi dan juga memangkas permintaan tahunan gas alam sebesar 10-15% karena tidak ada jumlah impor non-Rusia yang cukup untuk mengisi ulang penyimpanan menjelang musim dingin berikutnya.

Sanksi Pertama Terhadap Gas Rusia

Kembali pada bulan Juni 2024, Uni Eropa menyetujui sanksi terhadap gas Rusia, untuk menjadi pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina. Menurut Belgia yang memegang kepresidenan Uni Eropa, akan memukul Rusia dengan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap sektor gasnya yang menguntungkan – sebuah langkah yang berpotensi menguras ratusan juta dari mesin perang Moskow.

Keputusan ini diambil setelah Jerman dan Hongaria menghentikan kesepakatan selama berminggu-minggu – meskipun ada beberapa bagian yang berbeda dari paket sanksi. Seperti yang mungkin diduga, sanksi tidak akan menggerus sebagian besar ekspor gas alam cair (LNG) Rusia ke UE.

Sebaliknya, sanksi yang diusulkan akan mencegah negara-negara Uni Eropa mengekspor kembali LNG Rusia setelah menerimanya dan juga melarang keterlibatan Uni Eropa dalam proyek LNG yang akan datang di Rusia.

Sanksi juga akan melarang penggunaan pelabuhan, keuangan, dan layanan Uni Eropa untuk mengekspor kembali LNG Rusia, yang pada dasarnya berarti bahwa Rusia harus merombak model ekspor LNG-nya. Saat ini, Rusia memasok LNG ke Asia melalui Eropa, dengan Belgia, Spanyol, dan Prancis menjadi hub utama.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More