4 Kekuatan Besar yang Akan Menggulingkan Dolar AS, Salah Satunya Sanksi Rusia

Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:50 WIB
Rusia, khususnya, telah mengambil langkah-langkah untuk mendevaluasi ekonominya secara besar-besaran, dengan negara ini mengadopsi nilai tukar yuan terhadap rubel, mengusulkan mata uang saingan terhadap dolar, dan dilaporkan memelopori platform

Pembayaran alternatif yang tidak bergantung pada dolar.

China, yang melihat perusahaan-perusahaannya terkena sanksi sekunder dari Departemen Keuangan AS minggu lalu, juga mengisyaratkan pergeseran dari dolar, dan mempromosikan yuan sebagai alternatif.

"Jika Amerika Serikat berubah-ubah dengan sanksi, bertindak secara sepihak, dan gagal mengembangkan doktrin ketatanegaraan ekonomi, maka dolar dapat dilengserkan," ujar para peneliti Brookings, mengutip komentar Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

2. Utang AS

Meningkatnya beban utang AS dapat membuat para pemegang mata uang menjadi lebih waspada terhadap dolar, terutama jika ada kekhawatiran bahwa AS mungkin tidak dapat membayar kembali utangnya.

Meskipun neraca utang AS belum mencapai tingkat yang tidak berkelanjutan, laju pengeluaran pemerintah yang cepat tidak banyak membantu menenangkan pasar. Fitch, misalnya, menurunkan peringkat kredit AS tahun lalu, dengan alasan kemerosotan yang terus berlanjut dalam standar-standar tata kelola pemerintahan.

"Bertengkar mengenai alokasi anggaran, Kongres telah menutup pemerintahan beberapa kali. Ketidakstabilan politik lebih lanjut dapat mengikis kepercayaan investor terhadap dolar," kata para peneliti.

3. Teknologi Pembayaran

Sistem pembayaran yang lebih maju telah mempermudah pertukaran mata uang nontradisional. Hal ini dapat membebani permintaan dolar AS, yang secara tradisional dianggap sebagai alat tukar yang paling menarik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More