Relaksasi PPN Gairahkan Pasar Properti di 2024

Selasa, 10 September 2024 - 15:31 WIB
Faktor Pembelian Properti

Dalam riset Rumah123 terdapat pertumbuhan permintaan rumah yang dijual lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan permintaan sewa sepanjang semester I 2024, sehingga terdapat pergeseran tren dibandingkan dengan tahun 2022-2023.

Hal ini mengindikasikan terjadi pergeseran dari masyarakat yang tadinya menyewa rumah mulai mempertimbangkan untuk melakukan pembelian rumah, dikarenakan beberapa alasan, misalnya, kebutuhan tempat tinggal yang permanen dan dapat dimiliki, daya beli yang semakin meningkat, kebutuhan personal (seperti, sudah memiliki anak sehingga tak dapat lagi berpindah-pindah rumah), menemukan rumah yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan, dan lainnya.

Bharat menilai faktor yang menjadi pertimbangan utama dalam pembelian properti adalah pembiayaan, mengingat cara bayar KPR merupakan cara bayar yang mendominasi di kalangan masyarakat Indonesia. Kemudian biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan calon pembeli menggunakan cara bayar KPR sering kali menjadi tantangan tersendiri, dan menjadi salah satu faktor penentu dalam keputusan untuk membeli rumah.

Di sisi lain, bagi pembeli yang membutuhkan rumah siap huni dan berencana membeli rumah seken cenderung berbeda, dikarenakan biaya awal yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah seken lebih tinggi, misalnya DP minimal yang harus disiapkan 10% dan biaya akad KPR yang dapat mencapai 3-5% dari harga rumah.

Untuk mengatasi tantangan seperti ini, Rumah123 terus berupaya memastikan keterjangkauan bagi masyarakat dalam membeli properti, baik baru maupun seken.

Pertama, Rumah123 memiliki lebih 2 juta listing properti di berbagai daerah dengan berbagai harga, didukung berbagai fitur pencarian inovatif yang memungkinkan pengguna menemukan properti sesuai dengan kriteria dan budget mereka.

Kedua, Rumah123 bekerja sama dengan ratusan developer terpercaya dalam menghadirkan pilihan properti berkualitas terbaik dengan harga yang kompetitif.

Ketiga, Rumah123 terus memperluas kerja sama dengan berbagai bank dan lembaga finansial lainnya untuk menawarkan solusi KPR ataupun skema pembiayaan lain yang lebih fleksibel dan terjangkau.

Keempat, Rumah123 juga bekerja sama dengan sejumlah bank dengan menyediakan pilihan properti aset bank berkualitas yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam membeli hunian dengan harga yang lebih terjangkau.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More