Saling Mendukung, Pariwisata dan Perdagangan Harus Jalan Bareng

Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:21 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga yang mendampingi Mendag Agus Suparmanto dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Kementerian dan Lembaga yang dikoordinasikan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, juga melihat langsung ekonomi di daerah yang terkena pandemi. Wamendag mengerahkan timnya untuk merekam potensi dan masalah perdagangan di Pulau Bintan, khususnya yang berkaitan dengan perdagangan luar negeri.

(Baca Juga: Dongkrak Perdagangan, Perry dan Agus Gandengan Tangan)

Langkah itu ditempuh agar kementerian bisa memotret masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Hasil itu akan dilaporkan dan dikoordinasikan dengan Mendag. "Kita mendapatkan beberapa gambaran masalah dalam perdagangan khususnya ekspor impor. Ada beberapa potensi, khususnya di sektor hortikultura yang bisa dimaksimalkan karena lokasi Bintan yang sangat strategis," katanya.

Kemendag mempunyai tekad yang sama dengan kemnterian lain untuk melakukan mitigasi ekonomi secara optimal agar menghindari tekanan dampak ekonomi akibat Covid-19. Wamendag menekankan bahwa perdagangan adalah kunci sekaligus indikator ekonomi baik di level makro maupun di level pelaku langsung. Oleh karena itu, menurut Wamendag, perdagangan harus dipastikan tetap berlangsung dengan berbagai penyesuaian karena pandemi Covid-19.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More